Tanya Jawab UNS MC

T: Apa itu Medical Center?

J: Medical Center merupakan unit pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan bagi mahasiswa dan karyawan.

 

T: Apa saja pelayanannya?

J: UNS MC melayani poliklinik umum, gigi, konsultasi spesialis, pelayanan surat keterangan sehat, konsultasi psikologi, perawatan luka akut/ringan, serta senam kebugaran.

 

T: Bagaimana alur pemeriksaannya?

J: Pertama-tama pasien datang mengambil nomor antrian, kemudian menuju loket pendaftaran sesuai nomor antrian. Setelah pasien didaftar lalu diarahkan ke poli yang dituju. Pasien akan dipanggil di poli yang dituju oleh petugas poli.

 

T: Apa syarat pendaftarannya?

J: Pasien hanya menunjukkan KTP dan Kartu Mahasiswa (bagi mahasiswa) atau KTP dan Kartu Managed Care (bagi karyawan/dosen PNS).

 

T: Bagaimana jika Kartu Mahasiswa hilang?

J: Kartu Mahasiswa bisa diganti dengan KRS /Kartu Anggota Perpustakaan/Kartu anggota organisasi yang pada perinsipnya kartu tersebut menunjukkan bahwa yang bersangkutan benar-benar mahasiswa UNS.

 

T: Apakah setiap kunjungan pasien harus menujukkan Kartu Mahasiswa dan KTP?

J: Tentu tidak. Setelah kunjungan pertama, pasien akan mendapatkan kartu periksa yang tertera nomor rekam medisnya. Kunjungan selanjutnya, pasien cukup menunjukkan kartu periksanya saja.

 

T: Bagaimana jika kartu periksa hilang?

J: Mohon diusahakan agar tidak hilang atau tertinggal. Jika rusak, segera minta kartu baru pada petugas. Jika kartu memang hilang, minta petugas untuk mencari identitas di database dan minta petugas untuk mencetak kartu baru.

 

T: Bisakah UNS MC memberikan surat keterangan sakit/istirahat?

J: Bisa, kalau memang pasien dinyatakan sakit dan perlu istirahat maka akan diberikan oleh dokter.  Oh iya, sebagai informasi, pasien diberikan surat keterangan sakit/istirahat hanya berlaku mulai tanggal pasien datang ke UNS MC sampai dengan tanggal yang dianjurkan oleh dokter. Surat keterangan sakit/istirahat tidak dapat digunakan untuk tanggal sebelum pasien periksa atau dinyatakan sakit.

 

T: Bagaimana jika pasien memang butuh surat keterangan sakit untuk ijin tidak masuk pada hari sebelumnya?

J: Mohon maaf, sesuai prosedur kami tidak boleh memberikannya.

 

T: Berapa biaya periksa di UNS MC?

J: Bebas biaya poliklinik umum dan gigi bagi mahasiswa reguler, mahasiswa asing dengan beasiswa, serta karyawan/dosen dengan kartu managed care UNS MC. Bagi karyawan non managed care dan mahasiswa pasca dikenakan biaya periksa mandiri.

 

T: Apabila saya perlu informasi lanjutan, bisakah saya menghubungi langsung UNS MC?

J: Bisa, silakan datang langsung ke UNS Medical Center atau telp ke 0271-631809

 

6 thoughts on “Tanya Jawab UNS MC

    1. Selamat pagi..
      UNS Medical Center terbuka bagi umum/warga sekitar. Silakan membawa kartu identitas untuk melakukan pendaftaran pasien baru 🙂
      Untuk Informasi: Poli Umum dan Poli Gigi buka setiap hari, Poli Spesialis dan Psikologi menyesuaikan jadwal.
      Terimakasih 🙂

    1. Pelayanan poli gigi untuk saat ini hanya pemeriksaan gigi berlubang, tambal gigi, pembersihan karang gigi dan pelayanan non estetika. Untuk konsultasi kawat gigi dan pasang gigi palsu dilayani diluar asuransi UNS dan waktu menyesuaikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *