Treadmill Test UMC

Selamat pagi, salam sehat selalu 🙂

Dalam rangka meningkatkan kualitasnya, UNS Medical Center mengembangkan pelayanan berupa pengadaan Klinik Treadmill yang akan segera diiresmikan dan dibuka untuk umum.11260758_1580305385564858_832442341_n

Treadmill test hingga kini kerap diabaikan dalam proses medical check up penyakit jantung. Padahal, akurasi tes tersebut bisa mendeteksi  penyakit jantung hingga 78 persen.

Test ini dibutuhkan antara lain untuk mendiagnosa penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan karena pada pemeriksaan EKG istirahat seringkali tidak didapatkan perubahan yang berarti, padahal dari keluhan penderita atau dari pemeriksaan lainnya dokter mencurigai adanya penyakit jantung koroner.

Melalui treadmill test dapat diketahui sejauh mana penderita penyakit jantung koroner diperbolehkan melakukan aktifitas dengan aman, menilai kegawatan gangguan irama jantung, menilai respon tekanan darah terhadap latihan, menilai kemampuan kardiopulmoner untuk aktifitas fisik dan gambaran kasar tentang kekuatan/fungsi otot jantung.

Sasaran dari latihan ini antara lain penderita dengan keluhan yang menyerupai gejala penyakit jantung (misalnya: nyeri dada, sesak napas), penderita dengan faktor resiko penyakit jantung koroner (riwayat keluarga, usia lanjut, kolesterol tinggi, diabetes, hipertensi), untuk evaluasi hasil pengobatan dan respon tekanan darah pada penderita hipertensi maupun evaluasi hasil pengobatan penderita penyakit jantung koroner.

Pemeriksaan Treadmill dilakukan oleh dokter spesialis jantung dibantu oleh paramedis yang terlatih dengan “back up” obat-obatan dan peralatan medis untuk pertolongan pertama bila terjadi penyulit selama test fisik ini dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *